6 SMK di Kepri Pilot Project SMK Pusat Keunggulan

Batam – Sebanyak 6 SMK di Provinsi Kepri dijadikan Pilot Project oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam program Merdeka Belajar episode kedelapan yakni SMK Pusat Keunggulan (PK).

Keenam SMK tersebut, yakni SMKN 1 Batam, SMKN 6 Batam, SMK Kartini Batam, SMK Muhammadiyah Batam, SMKN 2 Tanjungpinang, dan SMKN 1 Bintan.

Menurut Pengawas SMK Disdik Provinsi Kepri, Drs Suradi MT, program SMK PK ini diterapkan dalam upaya menjawab tantangan dunia kerja terhadap skill lulusan SMK.

Di samping itu juga, untuk memastikan output dari program SMK PK itu, dapat mencetak SDM yang unggul, terampil dan berkarakter, serta memiliki etos kerja sesuai diinginkan dunia usaha dan industri. “Sebenarkanya terdapat tiga kriteria sukses SMK PK ini, seperti lulusannya langsung bekerja terserap di industri, melanjutkan studi ke politeknik atau universitas, serta lulusan ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan atau berwirausaha,” ujarnya, kemarin lalu.

Namun demikian, keberhasilan program SMK PK sendiri lanjutnya, tak lepas dari dunia kerja maupun dunia industri menuntut SMK harus menyelaraskan kurikulum disusun bersama dunia usaha dan industri. Di samping itu juga, melakukan pembelajaran berbasis project riil dari dunia kerja untuk memastikan hard skill disertai soft skill dan karakter yang kuat.

“Penguatan skill siswa itu juga harus dibarengi dengan peran guru/instruktur dari industri dan ahli dari dunia kerja. Dan siswa melakukan praktik kerja lapangan/industri minimal 1 semester, serta memiliki Sertifikasi kompetensi yang sesuai standar dan kebutuhan kerja,” jelasnya.

Dengan adanya SMK PK ini, kata Suradi, pemerintah berharap, dapat meningkatkan kualitas lulusan SMK mampu terserap dunia kerja atau menjadi wirausaha.

Untuk itu, jelas dia, SMK PK ini harus selaras dan bekerja sama dengan industri dan dapat menjadi rujukan atau pengimbas dalam peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya di Provinsi Kepri. (*)
Sumber: aat/gokepri.com

Admin

Akun dikelola oleh Tim Dokumentasi SMK