IMPLEMENTASI LINK & MATCH DUNIA PENDIDIKAN DENGAN DUNIA INDUSTRI

PT CITRA TUBINDO TBK – TEKNIK MESIN SMK NEGERI 6 BATAM
https://www.acesawards.com/stories/sustainability/pt-citra-tubindo-tbk/

NEWSHUNTER, BATAM – PT Citra Tubindo Tbk, sebuah Perusahaan Nasional Indonesia, yang didirikan pada tahun 1983, adalah produsen dalam negeri terkemuka Oil Country Tubular Goods (OCTG) di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai grade OCTG, mulai dari standar hingga premium, dengan standar kualitas yang tinggi dan membanggakan Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang kuat.

Pembangunan berkelanjutan melalui kerjasama dengan masyarakat lokal sangat penting bagi PT Citra Tubindo Tbk. Perusahaan memandang Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai sarana strategis untuk menyeimbangkan aspek keuntungan finansial (profit) dengan masyarakat (people) dan lingkungan (planet). Atas prinsip tersebut, Citra Tubindo berhasil meraih Community Initiative Award di ajang Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) 2021.

PT Citra Tubindo turun tangan dan mendirikan beberapa program pendidikan. Program-program tersebut antara lain Project VALERIE (Vocational Accelerated Learning and Recruiting Towards Industrial Excellence), yang membantu siswa berusia 17 hingga 18 tahun, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Negeri 6 Batam) setempat, mendapatkan kompetensi yang lebih tinggi dalam mata pelajaran teknik dan proses produksi. Keterampilan yang diperoleh siswa dari Project Valerie bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mereka di pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif.

PT CITRA TUBINDO TBK memberikan kesempatan kepada siswa teknik mesin SMKN 6 Batam untuk mengaplikasikan skill dan kompetensi yang dimiliki langsung di PT CITRA TUBINDO TBK

Project TeFa, atau “Teaching Factory”, merupakan program lain yang digagas oleh Citra Tubindo sejak tahun 2020. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa sekolah berusia 14 hingga 17 tahun untuk melakukan kegiatan praktik menggunakan mesin-mesin perusahaan di satu area khusus untuk menjamin keselamatan.​ Project Sarah, singkatan dari “Skills Ability Readiness through Apprenticeship”, adalah program lain yang dijalankan oleh Citra Tubindo. Program ini memberikan kesempatan bagi lulusan proyek Valerie dan mantan pekerja untuk menyegarkan kembali keterampilan mereka dengan berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan keterampilan atau pelatihan ulang. Ini ditargetkan untuk individu berusia antara 18 hingga 25 tahun.

Berbagai inisiatif dan program di atas telah meninggalkan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat yang terlibat. Sejak program dan inisiatif dimulai pada tahun 2013, 258 siswa berpartisipasi dalam Project Valerie dan 54 berpartisipasi dalam Project SARAH, di mana 201 lulusan direkrut. Akibatnya, pendapatan keluarga rekrutan yang terkena dampak juga mengalami peningkatan. Selain itu, Citra Tubindo juga mendanai SMKN6, yang merupakan bagian dari Proyek TeFa, agar sekolah dapat membeli perlengkapan, peralatan dan fasilitas belajar. Melalui proyek tersebut, SMKN6 kemudian menjadi panutan nasional bagi sekolah sukses atau “SMK”. Dari penerimaan awal 500 siswa, proyek ini sekarang telah melihat jumlahnya tumbuh menjadi lebih dari 1200. Proyek-proyek oleh Citra Tubindo ini tidak hanya bertujuan untuk membantu masyarakat yang terlibat, tetapi juga mendukung grand design nasional Indonesia tentang pembangunan manusia, dengan menekankan pada Pendidikan Kejuruan.

“Jalan ke depan yang tepat untuk bisnis apa pun adalah mengidentifikasi proses yang tidak masuk akal secara ekologis, dan mengambil sikap kolektif dalam bersumpah untuk melakukan yang lebih baik, seperti bagaimana Citra Tubindo memutuskan untuk beralih dari bahan bakar diesel ke gas alam, dan mengganti refrigerant Air Conditioner (AC) dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan.”

Dr. Jayanthi Desan, Juri Utama, Penghargaan ACES.

(NEWSHUNTER/RED/TM-2021)

Admin

Akun dikelola oleh Tim Dokumentasi SMK