IN-HOUSE TRAINING (IHT) SMKN 6 BATAM IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK

BATAM — Program Sekolah Penggerak merupakan program baru dari pemerintah pusat dalam mewujudkan manusia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan Guru Penggerak di SMK Pusat Keunggulan.
SMK Negeri 6 Batam melalui Sekolah Penggerak pada Program pengembangan SMK Pusat Keunggulan dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia melakukan In House Training (IHT) Guru Penggerak.

Sebagai salah satu SMK yang terpilih sebagai pelaksana sekolah penggerak dan guru penggerak pada Program pengembangan SMK Pusat Keunggulan, SMK Negeri 6 Batam memulai langkah mempersiapkan penerapan kurikulum paradigma baru yang berfokis pada Profil Pelajar Pancasila mengadakan IHT selama 8 (delapan) hari. IHT terkait implementasi kurikulum baru yang diadakan dari tanggal 4 sampai 13 Agustus 2021 via daring melalui flatform Zoom Meeting serta luring di ruang aula SMK Negeri 6 Batam.

Pelaksanaan IHT di SMK Negeri 6 Batam melibatkan 41 guru SMK Negeri 6 Batam yang akan mengampu mata pelajaran kelas X, XI, XII di tahun pelajaran 2021/2022 sebagai peserta IHT. Untuk narasumber IHT internal terdiri dari 1 kepala SMK Negeri 6 Batam Deden Suryana, M.Pd dan 13 guru penggerak atau Komite Pembelajaran. Untuk nara sumber eksternal merupakan pengawas SMK Kepulauan Riau, Drs. Suradi, MT.

IHT Implementasi Kurikulum SMK Pusat Keunggulan bersama Dr. Syahril Is, MT di SMKN 6 Batam

Berikut adalah Tim Komite Pembelajar yang menjadi fasilitator dalam kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Paradigma Baru:

  1. Deden Suryana, M.Pd, Kepala Sekolah
  2. Dasril Joneidi, M.Pd, Mapel Kejuruan
  3. Risda Anderiyani, S.Kom, Mapel Informatika
  4. Sisri Elisa Yulianti H., S.Pd, Mapel Bahasa Indonesia
  5. Ernita Christina Hutapea, S.S, Mapel Bahasa Inggris
  6. Betty Deviana, S.T, Mapel IPAS
  7. Ridhwan Ali, S.Pd, Mapel BK
  8. Sriwangi Wulansari, S.Pd, Mapel Seni
  9. Dolta Joni Efendi, S.Pd, Mapel Sejarah
  10. Ensi Kasweri, S.Pd, Mapel PJOK
  11. Santi Dewi, S.Pd, Mapel PKN
  12. Faisal, S.Pd.I, Mapel PAI
  13. Efrianto, S.Pd, Mapel Matematika

Kegiatan diawali dengan mengadakan pertemuan antara Kepala Sekolah dan Komite Pembelajaran termasuk Pengawas Sekolah guna persiapan IHT secara keseluruhan, selanjutnya menganalisa hasil pertemuan dan pengambilan keputusan oleh Kepala Sekolah, penyusunan panitia beserta jadwal, sosialiasi implementasi, penyelenggaraan IHT, pelaporan, dan diharapkan peserta selanjutnya dapat menerapkan Pembelajaran Paradigma Baru di sekolah yang mengacu pada Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Selanjutnya untuk narasumber khusus SMK Negeri 6 Batam menghadirkan Dr. Syahril Is, MT dari BBPPMPV BMTI Cimahi. Dr. Syahril Is, MT mengatakan “pada Kurikulum Pusat Keunggulan dimana inti kurikulum tersebut mengarah pada merdeka belajar, yaitu guru dan satuan pendidikan dapat dengan merdeka menyusun perangkat mengajar dan metode belajar yang tentunya tetap mengacu pada Capaian Pembelajaran yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

Selain itu, siswa juga harus merasa merdeka dalam melakukan proses pembelajaran. Diharapkan kedepannya melalui program guru penggerak dan sekolah penggerak akan terwujud Profile Pelajar Pancasila di dalam diri masing-masing siswa serta peningkatan mutu lulusan yang beraklak mulia dan memiliki budaya kerja yang baik”, katanya. (Akbar/NEWSHUNTER)

Admin

Akun dikelola oleh Tim Dokumentasi SMK

Temukan Kami

Artikel Lainnya

Tenaga Pendidik